PENGARUH ACADEMIC SELF EFFICACY DAN TEKANAN AKADEMIK TERHADAP PERILAKU KECURANGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan dalam (1) Melakukan analisis terhadap pengaruh Academic Self Efficacy pada perilaku kecurangan peserta didik; (2) Melakukan analisis terhadap pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan peserta didik; dan (3) Melakukan analisis terhadap pengaruh academic self-efficacy dan tekanan akademik secara bersamaan kepada perilaku kecurangan peserta didik dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMPN Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pemberian perlakuan secara penyebaran instrumen dalam memperoleh data. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan untuk uji T, variable Academic Self Efficacy memperoleh hasil T hitung < T tabel yakni -7.899 < 2.250 sehingga tidak terdapat pengaruh. Selanjutnya untuk variabel Tekanan Akademik memperoleh T hitung > T tabel yaitu 8.337 > 2.250 yang artinya terdapat pengaruh terhadap Kecurangan Peserta Didik. Sedangkan untuk uji F memperoleh hasil F hitung 72,871 > F tabel 3,02 dengan artian terbentuk pengaruh signifikan secara simultan antara Academic Self Efficacy dan Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Peserta Didik dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMPN Kota Yogyakarta.
Kata Kunci: Academic Self Efficacy, Tekanan Akademik, Kecurangan Peserta Didik, Pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Downloads

