Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Layanan Informasi Melalui Strategi Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Authors

  • Foniari Anggoro Utomo Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran kualitas layanan akademik, kualitas layanan informasi, dan kepuasan peserta didik di SMP Pembangunan Laboratorium UNP, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik dan layanan informasi melalui strategi Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan peserta didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sampel sebanyak 241 yang terdiri dari siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kualitas layanan akademik memiliki rata-rata 59, tingkat kualitas layanan informasi memiliki rata-rata 34, dan tingkat kepuasan peserta didik memiliki rata-rata 51. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan variabel kualitas layanan akademik berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta didik di SMA Pembangunann Laboratorium UNP dengan besaran nilai T hitung > T tabel yaitu 5,328 > 1,651281. Kemudian variabel kualitas layanan informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta didik , yang ditunjukkan dengan besarnya T hitung > T tabelĀ  yaitu 2,942 > 1,651281, serta kualitas layanan akademik dan layanan informasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan peserta didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan besaran F hitung > F tabel sebesar 22,585 > 3,033598.

Kata kunci : Kualitas Layanan Akademik, Kualitas Layanan Informasi, Kepuasan Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 7