PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU SMP NEGERI DI KOTA MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan instruksional dan budaya kerja terhadap komitmen organisasi pada guru SMP Negeri di Kota Mataram. Pendekatan penelitian ialah kuantitatif korelasi dengan sampel 168 guru SMP Negeri di Kota Mataram. Grand Theory penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan instruksional oleh P. Hallinger & Wen-Chung Wang, teori budaya kerja oleh Stephen P. Robbins, dan teori komitmen organisasi oleh Natalie J. Allen & John P. Meyer. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dengan skala likert 1-4. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik uji analisis regresi linear sederhana dan berganda. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh antara kepemimpinan instruksional terhadap komitmen organisasi pada guru SMP Negeri di Kota Mataram dengan nilai Sig 0,00 < 0,05; (2) terdapat pengaruh antara budaya kerja terhadap komitmen organisasi pada guru SMP Negeri di Kota Mataram dengaan nilai Sig 0,00 < 0,05; (3) kepemimpinan instruksional dan budaya kerja secara bersama-sama mempengaruhi komitmen organisasi pada guru SMP Negeri di Kota Mataram dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Pelaksanaan kepemimpinan instruksional yang tepat oleh kepala sekolah, serta adanya budaya kerja yang positif di lingkungan sekolah, menciptakan komitmen organisasi pada setiap individu guru.
Kata Kunci : kepemimpinan instruksional, budaya kerja, dan komitmen organisasi
Downloads

