EVALUASI PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL PADA KELAS 7 DI UPT SMPN 7 GRESIK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk memahami, menelaah, juga mendeskripsikan secara menyeluruh terkait evaluasi program P5 tema kearifan lokal pada kelas 7 di UPT SMPN 7 Gresik. Jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan model evaluasi CIPP. Sumber data penelitian yakni kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator program P5 kelas 7, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yakni uji kredibilitas (triangulasi sumber dan teknik, member check), uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian yaitu 1) Evaluasi konteks melihat dasar program yakni kesiapan sekolah dengan keberadaan guru berkompeten dan memperhatikan kebutuhan peserta didik; visi misi sekolah selaras dengan tujuan P5; kurikulum merdeka dilaksanakan dengan P5 guna mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. 2) Evaluasi input melihat pendukung program yakni SDM tim P5 yakni koordinator dan fasilitator; sarana prasarana P5 disesuaikan kebutuhan tema; biaya P5 dari BOS APBN 2023/2024; prosedur P5 dilaksanakan tiga kali dalam setahun, 3) Evaluasi proses melihat pelaksanaan P5 yakni proses pembelajaran sesuai tema dengan mengangkat isu yang terdiri dari tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi nyata, refleksi dan tindak lanjut; penilaian sumatif untuk P5, 4) Evaluasi produk melihat kendala kurangnya pemahaman guru terkait P5, ketidaktepatan jadwal, dan sarana prasarana kurang memadai serta hasil keseluruhan dimensi P5 dan target mencapai 85 hingga 95 persen.
Downloads

