Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di UPT SDN 337 Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah di UPT SDN 337 Gresik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan pengarahan dan pemahaman kurikulum Merdeka kepada guru. (2) Strategi pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan melakukan Kerjasama Bersama komite, memberikan arahan seta bimbingan kepada guru sehingga guru dapat secara baik melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum Merdeka. (3) Strategi evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah yakni dengan melaksanakan supervisi dan perbaikan secara berulang.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka
Downloads

