Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Program Sekolah Penggerak Studi di UPT SD Negeri 337 Gresik

Authors

  • Susi Diana Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada program sekolah penggerak di UPT SD Negeri 337 Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari informan yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas II-A, Guru Mata Pelajaran PAI, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui lesson study, pendampingan oleh kepala sekolah, penggunaan Platform Merdeka Mengajar, pendelegasian guru untuk mengikuti seminar atau workshop, dan melakukan supervisi. (2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu dengan mengadakan pelatihan untuk guru, meminta guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas, aktif dalam Platform Merdeka Mengajar, pendelegasian guru untuk mengikuti seminar atau workshop, dan juga dengan melakukan kegiatan supervisi.

Kata kunci:

Kepala sekolah, kompetensi pedagogik, kompetensi professional, program sekolah penggerak

 

Abstract

This study aims to obtain a description of the Principal's efforts in improving teachers' pedagogical competence and the Principal's efforts in improving teachers' professional competence in the driving school program at UPT SD Negeri 337 Gresik. This research was conducted using qualitative methods. The data sources of this study came from informants, namely the Principal, Class II-A Teacher, PAI Subject Teacher, and students. The data collection techniques used were interview techniques, observation, and documentation studies. The results showed that (1) The principal's efforts in improving teachers' pedagogical competence through lesson study, mentoring by the principal, using the Teaching Freedom Platform, delegating teachers to attend seminars or workshops, and conducting supervision. (2) The principal's efforts in improving teachers' professional competence are by conducting training for teachers, asking teachers to conduct Classroom Action Research, being active in the Merdeka Mengajar Platform, delegating teachers to attend seminars or workshops, and also by conducting supervision activities.

 

Keywords: Principal, pedagogical competence, professional competence, driving school program

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0