Planning Pengelolaan program P5BK untuk meningkatkan citra lembaga melalui proyek Kebekerjaan (studi kasus: SMK Kartika 1-2 Padang)
Perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan gagasan baru dari Kemendikbud. Salah satunya adalah di
sekolah menengah kejurusan (SMK) dimana kurikulumnya adalah P5BK (Proyek
penguatan profil pelajar Pancasila Budaya Kerja) memiliki 9 tema yang menarik. Tim
pengelolaan P5BK haruslah memahami 9 tema tersebut yang dapat diaplikasikan dengan
keadaan sekolahnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk menganilisis dan
mendeskripsikan 1). Perencanaan, 2). Pengorganisasian, 3).Pengarahan,
4).Pengkoordinasian, 5). Pengawasan terhadap Pengelolaan P5BK untuk meningkatkan
citra Lembaga melalui proyek kebekerjaan. Tempat penelitian ini di SMK Kartika 1-2
Padang terletak di Jl. Simpang Haru, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Smk ini
memiliki 4 program keahlian. Antara lain; 1. Akuntansi, 2. Pemasaran, 3. Administrasi
Perkantoran, 4. Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan cara menelaah data secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah
Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas, Koordinator P5BK, dan 2 Peserta didik. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Citra lembaga
pada penelitian dilihat dari hasil akhir dari P5BK tema Kebekerjaan sebagai bahan
presentasi untuk mempromosikan SMK ini ke sekolah SMP yang dituju. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengelolaan P5BK untuk meningkatkan citra Lembaga melalui
proyek kebekerjaan dikatakan berhasil karena sudah memenuhi standar modul P5BK dan
Kerjasama tim yang baik. Sehingga dapat memberikan dampak yang baik citra Lembaga.
Kata Kunci: Kurikulum merdeka, P5BK, Citra lembaga
Downloads

