Planning Pengelolaan program P5BK untuk meningkatkan citra lembaga melalui proyek Kebekerjaan (studi kasus: SMK Kartika 1-2 Padang)

Perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan

Authors

  • Mukhamad Aldi Teguh Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan gagasan baru dari Kemendikbud. Salah satunya adalah di

sekolah menengah kejurusan (SMK) dimana kurikulumnya adalah P5BK (Proyek

penguatan profil pelajar Pancasila Budaya Kerja) memiliki 9 tema yang menarik. Tim

pengelolaan P5BK haruslah memahami 9 tema tersebut yang dapat diaplikasikan dengan

keadaan sekolahnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk menganilisis dan

mendeskripsikan 1). Perencanaan, 2). Pengorganisasian, 3).Pengarahan,

4).Pengkoordinasian, 5). Pengawasan terhadap Pengelolaan P5BK untuk meningkatkan

citra Lembaga melalui proyek kebekerjaan. Tempat penelitian ini di SMK Kartika 1-2

Padang terletak di Jl. Simpang Haru, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Smk ini

memiliki 4 program keahlian. Antara lain; 1. Akuntansi, 2. Pemasaran, 3. Administrasi

Perkantoran, 4. Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan

kualitatif dengan cara menelaah data secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah

Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas, Koordinator P5BK, dan 2 Peserta didik. Teknik

pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Citra lembaga

pada penelitian dilihat dari hasil akhir dari P5BK tema Kebekerjaan sebagai bahan

presentasi untuk mempromosikan SMK ini ke sekolah SMP yang dituju. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa pengelolaan P5BK untuk meningkatkan citra Lembaga melalui

proyek kebekerjaan dikatakan berhasil karena sudah memenuhi standar modul P5BK dan

Kerjasama tim yang baik. Sehingga dapat memberikan dampak yang baik citra Lembaga.

Kata Kunci: Kurikulum merdeka, P5BK, Citra lembaga

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 115