MANAJEMEN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen literasi sekolah di SD Muhammadiyah 11 Surabaya yang dibagi empat fokus yaitu perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan literasi sekolah dibawah naungan litbang, kurikulum dan didukung kesiswaan serta perpustakaan. Perencanaan terletak pada kunjungan perpustakaan, pojok baca, lomba literasi, pembuatan karya. Sosialisasi literasi sekolah dilakukan kepada guru, peserta didik, dan orang tua; 2) Pengorganisasian literasi sekolah melibatkan tim litbang termasuk tim literasi dan tim perpustakaan. Selain itu dibutuhkan kejasama korjen dan wali kelas. Pengorganisasian juga melibatkan pihak eksternal seperti PSM, tokoh masyarakat, Aisyiyah dan komite; 3) Implementasi literasi sekolah saat ini melakukan rutin kegiatan kunjungan perpustakaan dari senin-kamis, disusun terjadwa, dan kegiatan setiap minggu berbeda. Kegiatan literasi dilakukan tiga tahap yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Kerjasama literasi dari perusahaan, pemkot, dan guru tamu. Selain itu kegiatan implementasi pada lomba literasi, mading, pelatihan guru, jurnalis, penerbitan buku; 4) Evaluasi literasi sekolah dilakukan secara berkal pada rapat mingguan dan persemester yang melibatkan seluruh staf dan guru. Evaluasi mingguan dibagi menjadi rapat besar dan rapat kecil secara terpisah.
Kata kunci : manajemen, literasi sekolah, minat baca