Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 2 Cakranegara Mataram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 2 Cakranegara Mataram. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data primer pada penelitian ini yakni kepala sekolah, guru, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas, yang terdiri dari triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program P5 yang terjadi di SDN 2 Cakranegara Mataram yang telah dilakukan dengan prosedur yang sudah berlaku.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Guru, Manajemen Sekolah, Profil Pelajar Pancasila
Downloads

