EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA SUARA DEMOKRASI UNTUK FASE F
Abstract
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi yang saling terkait, termasuk pada tema suara demokrasi. Dimensi ini mencakup beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bernalar kritis. Tema suara demokrasi bertujuan membentuk generasi muda yang demokratis, kritis, dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan menyiarkan program P5 tema suara demokrasi untuk fase F di SMAN 11 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kualitatif menggunakan model CIPP. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Terdapat enam narasumber yakni Waka Humas, Waka Kurikulum, Koordinator P5, Guru P5, dan tiga Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 tema suara demokrasi untuk Fase F dipilih berdasarkan karakteristik peserta didik kelas XI, antusias peserta didik terlihat pada tahapan aksi, dan hasil rapor P5 pada kategori berkembang sesuai harapan. Untuk rekomendasi sekolah perlu fokus pada perbaikan di berbagai aspek, seperti pemanfaatan keberagaman karakteristik warga sekolah, meningkatkan kepercayaan masyarakat, memperhatikan kesiapan sekolah, meningkatkan kinerja fasilitator, tahapan pelaksanaan, serta hasil akhir yang lebih positif.
Downloads

