STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA AMANINA KECAMATAN LAKARSANTRI KOTA SURABAYA
Abstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini berperan penting dalam membentuk kepribadian, etika, dan moral yang menjadi dasar perkembangan mereka di masa depan. Pendidikan karakter adalah proses pembentukan nilai-nilai moral, seperti tanggung jawab, integritas, dan kepedulian, yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anak. Penelitian ini menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas program pendidikan karakter di RA Amanina, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran utama dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan karakter dengan melibatkan guru, orang tua, dan kurikulum berbasis anak. Strategi utama meliputi penerapan pembiasaan positif pada siswa, penguatan kolaborasi antara guru dan orang tua, serta optimalisasi kurikulum berbasis karakter. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan variasi pemahaman di antara pihak-pihak yang terlibat, kepala sekolah berhasil mengatasinya melalui pendekatan kolaboratif serta solutif. Temuan ini dapat menjadi referensi untuk mengembangkan kepemimpinan yang mendukung pendidikan karakter di tingkat anak usia dini.
Kata Kunci : Strategi Kepemimpinan, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini.
Downloads

