IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN LAISSEZ FAIRE DALAM MENUMBUHKAN IKLIM AKADEMIK DI SDN GUNUNGSARI III/531 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan gaya kepemimpinan laissez-faire dan
dampaknya terhadap iklim akademik di SDN Gunungsari III/531 Surabaya. Dengan
pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana
gaya kepemimpinan ini memberikan kebebasan kepada bawahan dalam pengambilan
keputusan, namun dengan sedikit arahan dari kepala sekolah. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf sebagai
subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan ini memiliki dampak
positif berupa peningkatan kreativitas dan inisiatif guru dalam pembelajaran. Namun,
terdapat dampak negatif seperti kurangnya koordinasi, ketidakkonsistenan implementasi
kurikulum, dan minimnya arahan kepala sekolah. Kesimpulannya, meskipun gaya
kepemimpinan laissez-faire mampu mendukung kreativitas, diperlukan perbaikan dalam
aspek monitoring, evaluasi, dan komunikasi untuk menciptakan iklim akademik yang lebih
kondusif.
Kata kunci: Kepemimpinan laissez-faire, iklim akademik, kreativitas, koordinasi,
pendidikan dasar
Downloads

