Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pedagogik guru yang telah bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SMK Negeri se-Kecamatan Buduran, Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di SMK Negeri se-Kecamatan Buduran dengan jenis penelitian komparasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan check – list dengan jumlah sampel 134 untuk guru bersertifikasi dan 18 untuk guru belum bersertifikasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji hipotesis dengan membandingkan thitung dengan ttabel. H1 diterima dan Ho ditolak jika thitung > ttabel. Dengan membandingkan nilai probabilitas yaitu 5% = 0,05.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, Terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi pedagogik guru bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi di SMK Negeri se-Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Nilai mean pada analisis statistik menggunakan Independent t-test.
Kata-kata kunci : kompetensi Pedagogik Guru, Sertifikasi Guru
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

