IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

  • SISKA CAHYA PRIBADI

Abstract

 

 

Penelitian ini di latarbelakangi oleh implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang mampu mengatasi permasalahan sekolah seperti sulit melakukan perubahan, terjadinya kesenjangan antara kepala sekolah dengan guru, staf, dan siswa, kemudian reward dan punishment tidak sesuai dengan hasil kerja. Implementasi kepemimpinan transformasonal inilah yang mengantarkan SD Muhammadiyah 4 Surabaya sebagai sekolah unggul, terbukti dengan berbagai prestasi yang diraih baik prestasi nasional maupun internasional. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data dan informasi yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus serta ditunjang dengan studi kepustakaan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data kesimpulan penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) Manajemen Mutmainnah merupakan implementasi kepemimpinan transformasional di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, dan dalam pelaksanaannya kepala sekolah didukung dengan Sistem Kolektif Kolegial dan Distribution of Leadership; (2) Hambatan yang dialami kepala sekolah adalah sulitnya merubah mindset bawahan dari pola lama menjadi pola baru, namun dengan motivasi personal kepala sekolah maupun bawahan implementasi Manajemen Mutmainnah di SD Muhammadiyah 4 Surabaya bisa berhasil; dan (3) Komunikasi dan rumusan Niat + Tandhang (Kerja Keras) = Sukses merupakan strategi penyelesaian masalah di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, yang mana dalam penggunaannya kepala sekolah didukung dengan implementasi Manajemen Mutmainnah.

 

Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan transformasional.

Published
2014-01-23
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 176