BUDAYA DISIPLIN SEKOLAH DI SMA AL-ISLAM KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

  • AELEN RIUSPIKA PUSPITASARI

Abstract

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses penanaman budaya disiplin di SMA Al-Islam Krian, selanjutnya dari fokus tersebut dirinci menjadi empat subfokus yaitu: (a) Perumusan Tata tertib Sekolah, (b) Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah, (c) Pembiasaan di Sekolah, dan (d) Pelembagaan, (2) Peran warga sekolah dalam penerapan budaya disiplin di SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo, (3) Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pencapaian budaya disiplin di SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan adalah (1) wawancara semiterstrukturdanwawancaratakberstruktur, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan kredibilitasdenganmenggunakantriangulasisumber data, transferabilitas, depenabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data (display data), dan simpulan (verivikasi data). Hasil penelitian di lapangan mengenai budaya disiplin di SMA Al-Islam Krian dapat dijelaskan bahwa (1) proses penanaman budaya disiplin meliputi adanya visi sekolah, pelembagaan, terbentuknya tata tertib, implementasi melalui pembiasaan, hukuman yang tegas bagi yang melanggar serta hasil dari penanaman disiplin. (2) peran warga sekolah dalam penerapan budaya disiplin terdapat peran penting kepala sekolah, peran wakil kepala sekolah, serta peran guru dan staf. (3) faktor yang menjadi penghambat dalam pencapaian budaya disiplin terdapat pada beberapa guru serta hubungan antara sekolah dengan wali murid yang kurang. Faktor pendukung utama dalam pencapaian budaya disiplin yaitu adanya tata tertib yang berlaku di sekolah.

Kata Kunci: budayadisiplin sekolah

Published
2014-01-23
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 216