PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM UJIAN NASIONAL (UN) DI SMA NEGERI SE KOTA MOJOKERTO

  • DODY RIJAL UMAMI

Abstract

 

 

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel kompetensi pedagogik  dan  motivasi  kerja  guru  terhadap  prestasi  belajar  siswa  dalam  Ujian Nasional  di  SMA  Negeri  Se  Kota  Mojokerto.  Pengaruh  variabel  kompetensi pedagogik  dan  motivasi  kerja  guru  terhadap  prestasi  belajar  siswa  dalam  Ujian Nasional baik secara parsial maupun simultan.Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi  sejumlah  106  dan  sampel  sejumlah  84  orang.  Pengambilan  sampel dengan  menggunakan  teknik  proportioned  random  sampling  dan  perhitungan sampel  dengan  menggunakan  formula  dari  Slovin.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan  angket  untuk  variabel  kompetensi  pedagogik  dan  motivasi  kerja guru,  untuk  variabel  prestasi  belajar  siswa  menggunakan  dokumentasi.  Proses pengolahan  data  dengan  cara  uji  regresi  linier  berganda  dan  dianalisis menggunakan uji t untuk mencari pengaruh secara parsial dan menggunakan uji F untuk mencari pengaruh secara simultan.Hasil  analisis  data  diperoleh  sebagi  berikut  (1)  tingkat  kompetensi pedagogik  guru  dalam  kategori  sangat  baik  dengan  rata-rata  nilai  86,75%   (2) tingkat motivasi kerja guru dalam kategori  sangat  baik dengan rata-rata  nilai 86% (3) prestasi belajar siswa dalam ujian nasional berada dalam kategori  sangat  baik dengan rata-rata  nilai  81% (4) variabel kompetensi pedagogik guru secara parsial berpengaruh  terhadap  variabel  prestasi  belajar  dengan  jumlah  nilai  3,014  (5) variabel motivasi kerja guru secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar dengan jumlah nilai 4,246 (6) variabel kompetensi pedagogik dan motivasi kerja  guru  berpengaruh  secara  simultan  terhadap  variabel  prestasi  belajar  siswa dengan  jumlah  nilai  13,318.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  tingginya  kompetensi pedagogik  dan  motivasi  kerja  guru  secara  bersama-sama  akan  memberikan kontribusi nyata terhadap prestasi belajar siswa dalam Ujian Nasional.

 

Kata kunci:kompetensi pedagogik, motivasi kerja guru, prestasi belajar siswa.

Published
2014-01-23
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 194