PENERAPAN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 GRESIK)

  • FITRI NING TYAS

Abstract

 

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan implementasi program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SMA Negeri 1 Gresik.(2) Untuk menggambarkan kendala dan tantangan dalam penerapan program EDS di SMA Negeri 1 Gresik.(3) Untuk menggambarkan dampak penerapan program EDS bagi pengembangan SMA Negeri 1 Gresik.Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Implementasi program EDS di SMA Negeri 1 Gresik, (2) Kendala dan tantangan dalam penerapan program EDS di SMA Negeri 1 Gresik, (3) Dampak penerapan program EDS bagi pengembangan SMA Negeri 1 Gresik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, (3) studi dokumentasi.Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi.Hasil penelitian ini adalah proses penerapan program EDS di SMA Negeri 1 Gresik, diantaranya yaitu: (1) perencanaan atau persiapan, (2) pengumpulan informasi, (3) pengorganisasian dan analisis data, (4) pelaporan. Faktor pendorong EDS secara internal adalah (1) SDM; (2) koordinasi antar stakeholder; (3) komunikasi antar warga sekolah, secara eksternal dukungan dari Dinas dan motivasi dari LPMP. Faktor penghambat EDS secara internal adalah (1) kejenuhan akan instrumen; (2) kurangnya pemahaman guru; (3) waktu yang singkat, secara eksternal adalah (1) perubahan sistem dan instrumen EDS dan (2) banyaknya pertanyaan pada instrumen. Dampak penerapan EDS ini antara lain (a) mempermudah sekolah dalam pembuatan RKS/RKAS dan (b) mempermudah sekolah untuk mengidentifikasi kekurangan, kelebihan akan kinerja sekolah. Manfaat EDS adalah sekolah dapat memiliki data dasar guna pengembangan dan peningkatan mutu di masa yang akan datang.

 

Kata Kunci :penerapan evaluasi diri sekolah

Published
2014-01-23
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 2811