IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 SIDOKUMPUL GRESIK

  • SILVIA AMANAH

Abstract

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai implementasi MBS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipan, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil observasi di lapangan mengenai implementasi MBS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 2 Sidokumpul Gresik dapat dijelaskan bahwa implementasi MBS berjalan dengan baik tetapi sekarang banyak aturan yang mengakibatkan MBS tidak seperti dahulu. Tetapi dalam prestasi SDN 2 Sidokumpul Gresik selalu mendapatkan juara sehingga prestasinya selalu baik. Dari implementasi MBS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 2 Sidokumpul Gresik, maka bisa terdapat faktor penghambat dan pendorong. Faktor penghambat yang telah dihadapi SDN 2 Sidokumpul Gresik yakni berupa dana dan aturan. Upaya dan tindak lanjut dalam implementasi MBS di SDN 2 Sidokumpul Gresik dilakukan dengan cara sosialisas kepada wali murid ketika ada beberapa permaslahan yag muncul dengan harapan mendapatkan masukan dari wali murid dan adanya perbaikan MBS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 2 Sidokumpul Gresik.

 

Kata kunci : manajemen berbasis sekolah, prestasi belajar siswa.

Published
2014-01-23
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 292