IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR (PTD) DI SMP AL FALAH DELTASARI SIDOARJO

Authors

  • YUYUN MAFULAH

Abstract

 

 

Program pendidikan teknologi dasar (PTD) merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang diimplementasikan di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo selama delapan tahun dan menjadi program unggulan sekolah di tingkat Provinsi Jawa TImur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran, inovasi produk hasil karya siswa, penilaian guru terhadap produk hasil karya siswa program PTD di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (validitas internal).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran program PTD adalah serangkaian kegiatan pembimbingan yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya tahap produksi, analisis, pengujian dan sebagainya; (2) inovasi produk hasil karya siswa program PTD adalah suatu paradigma baru bagi guru di dalam membuat produk inovatif  yang dijadikan sebagai contoh awal untuk siswa membuat hasil karyanya; (3) Penilaian guru terhadap produk hasil karya siswa program PTD adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menilai secara seluruhan proses pembelajaran baik individu maupun kelompok.Saran yang dapat peneliti berikan adalah supaya pada kegiatan belajar mengajar dimasa yang akan datang tim PTD bisa meningkatkan beberapa hal yang dirasa masih belum maksimal seperti: kelengkapan sarana dan prasarana yang digunakan, tingkat kedisiplinan siswa, dan lebih memperhatikan lagi beberapa kegiatan-kegiatan dalam lingkup bioteknologi seperti green house serta pengolahan limbah dan sampah sekolah.

 

Kata kunci:implementasi, program, pendidikan teknologi dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-23
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 154