MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM SERTIFIKASI PROFESI DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS LULUSAN SMK (Studi Kasus Di SMK Negeri 3 Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen penyelenggaraan program sertifikasi profesi di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan. Fokus penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program sertifikasi profesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan pemahaman mendalam mengenai praktik terbaik yang diterapkan oleh sekolah dalam menyelenggarakan program sertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang dan kerja sama antara sekolah, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadi faktor kunci keberhasilan program. Selain itu, pelaksanaan program menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan kompetensi teknis siswa, meskipun ada beberapa tantangan terkait keterbatasan sumber daya dan fasilitas. Evaluasi program memberikan gambaran mengenai pencapaian tujuan, namun juga menyoroti masalah seperti keterlambatan penerbitan sertifikat dan penilaian yang perlu perbaikan. Kesimpulannya, untuk meningkatkan kualitas lulusan, perlu dilakukan perbaikan dalam sistem evaluasi, administrasi, serta peningkatan kolaborasi antara sekolah, lembaga sertifikasi, dan dunia industri. Penelitian ini memberikan rekomendasi yang dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk meningkatkan daya saing lulusan melalui pengelolaan program sertifikasi profesi yang lebih efektif.
Downloads

