PENGELOLAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM ONE DAY ONE THOUSAND BOOK DALAM MEWUJUDKAN BRAND IMAGE SEKOLAH (Studi Kasus Di SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang)

Authors

  • Risma Fitrianingrum Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan upaya strategis dalam meningkatkan minat baca dan budaya literasi di lingkungan pendidikan. Salah satu inovasi yang diterapkan dalam GLS adalah program One Day One Thousand Book, yaitu gerakan membaca kolektif yang melibatkan siswa, guru, dan tenaga kependidikan untuk mencapai target membaca seribu buku dalam satu hari. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, meningkatkan kualitas pendidikan, serta membangun brand image sekolah sebagai institusi yang unggul dalam pengembangan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis strategi pengelolaan program serta dampaknya terhadap citra sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pustakawan, serta analisis dokumentasi terkait pelaksanaan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program One Day One Thousand Book memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi siswa, keterlibatan seluruh komunitas sekolah, serta penguatan citra sekolah sebagai pusat literasi. Selain itu, faktor pendukung utama keberhasilan program meliputi ketersediaan fasilitas baca, keterlibatan aktif stakeholder, serta strategi promosi yang efektif melalui media sosial dan publikasi sekolah. Dengan pelaksanaan yang baik, program dapat meningkatkan budaya literasi. Keberhasilan program ini dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam meningkatkan literasi dan membangun reputasi sebagai lembaga pendidikan yang inovatif dan berdaya saing tinggi.

Kata kunci : pengelolaan, gerakan literasi sekolah, program one day one thousand book, brand image sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 15