PENGARUH PROFESIONALISME DAN KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMP NEGERI 2 MATARAM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas terkait gambaran profesionalisme tenaga administrasi sekolah, kualitas pelayanan, dan kepuasan siswa di SMP Negeri 2 Mataram, serta untuk mengetahui pengaruh dari profesionalisme dan kualitas pelayanan tenaga administrasi sekolah terhadap kepuasan siswa di SMP Negeri 2 Mataram. Pendekatan penelitian ialah kuantitatif korelasional menggunakan uji analisis deskriptif dan juga analisis regresi linear dengan sampel 304 siswa SMP Negeri 2 Mataram. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dengan skala likert 1- 4. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) tingkat profesionalisme tenaga administrasi sekolah berada pada kategori sedang; (2) tingkat kualitas pelayanan tenaga administrasi sekolah berada pada kategori sedang; (3) tingkat kepuasan siswa berada pada kategori sedang, (4) terdapat pengaruh antara profesionalisme tenaga administrasi sekolah terhadap kepuasan siswa di SMP Negeri 2 Mataram, (5) terdapat pengaruh kualitas pelayanan tenaga administrasi sekolah terhadap kepuasan siswa di SMP Negeri 2 Mataram, (6) profesionalisme dan kualitas pelayanan tenaga administrasi sekolah bersama-sama memengaruhi kapuasan siswa di SMP Negeri 2 Mataram. Profesionalisme yang tinggi, serta kualitas pelayanan yang baik oleh tenaga administrasi sekolah, memenuhi kepuasan pada setiap peserta didik sebagai pelanggan utama lembaga pendidikan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Pembelajaran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Peserta Didik
Abstract
This research discusses the description of the professionalism of school administration personnel, service quality, and student satisfaction at SMP Negeri 2 Mataram, as well as to determine the effect of professionalism and service quality of school administration personnel on student satisfaction at SMP Negeri 2 Mataram. The research approach is quantitative correlation using descriptive analysis test and also linear regression analysis with a sample of 304 students of SMP Negeri 2 Mataram. Data collection was done through Google Form with a Likert scale of 1-4. The conclusions of this study are: (1) the level of professionalism of school administration personnel in the moderate category, (2) the level of service quality of school administration personnel in the moderate category, (3) the level of student satisfaction in the moderate category, (4) there is an influence between the professionalism of school administration personnel on student satisfaction at SMP Negeri 2 Mataram, (5) there is an influence of the quality of service of school administrative personnel on student satisfaction at SMP Negeri 2 Mataram, (6) professionalism and quality of service of school administrative personnel together affect student satisfaction at SMP Negeri 2 Mataram. High professionalism, as well as good service quality by school administration personnel, fulfills satisfaction in each student as the main customer of educational institutions.
Keywords : Teacher Learning Leadership, Student Learning Motivation, Student
Downloads

