MANAJEMEN KELAS KHUSUS ATLET DI SMP LABSCHOOL UNESA 3
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi kelas khusus atlet di SMP Labschool UNESA 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data didapatkan dari data primer, data yang didaptkan secara langsung di lokasi penelitian dengan interaksi bersama beberapa informan yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, wali kelas, pendidik mata pelajaran dan peserta didik atlet, selain itu di lengkapi data sekunder dari beberapa dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data ModelĀ Miles et al. (2014) melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data penelitian diuji keabsahannya dengan meliput, uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability) dan uji konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kelas khusus atlet merupakan respons strategis terhadap program DBON melalui kolaborasi antara Kemenpora, UNESA, dan sekolah, dengan penyesuaian Kurikulum Merdeka hingga 50% berdasarkan kebutuhan cabang olahraga peserta didik. Pengorganisasian dilakukan secara fleksibel melalui penyesuaian jadwal belajar, pemilihan pendidik yang mampu mengintegrasikan materi akademik dengan olahraga, serta pembagian peran yang jelas dalam tim manajerial sekolah. Implementasi pembelajaran menggabungkan pendekatan blended learning, project-based learning, dan strategi diferensiasi berbasis konteks olahraga, dengan dukungan platform teknologi untuk mendukung akses materi di tengah rutinitas latihan intensif. Evaluasi dilaksanakan secara adaptif menggunakan asesmen berbasis teknologi, pendampingan individual, dan evaluasi kurikulum secara berkala, yang berfokus tidak hanya pada capaian akademik, tetapi juga pada proses dan penyesuaian pembelajaran secara berkelanjutan.
Downloads

