Manajemen Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa di SD Labschool FKIP Universitas Jember

Authors

  • Siska Yulia Pramesta Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pembelajaran berbasis multiple intelligence dan mengembangkan potensi siswa dengan pendekatan multiple intelligence. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus, sehingga peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setiap siswa yang akan mengikuti kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB) wajib mengikuti test psikologi untuk mengukur kemampuan siswa guna mempermudah membuat perencanaan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, selain itu hasil dari test tersebut dapat pula digunakan untuk pengelompokan siswa di kelas. (2) Pendistribusian tugas dilakukan oleh kepala sekolah dengan membagi guru dan siswa setiap kelasnya, sedangkan pengelompokkan pada siswa dengan cara melihat potensi yang dimiliki. (3) Strategi pembelajaran yang diberikan guru dengan cara sebagai berikut : 1. kecerdasan linguistic (guru memberikan kesesiswa guru memberikan kesempatan siswa untuk membaca ataupun menulis didepan), 2. kecerdasan logis-matematis (pembelajaran berbasis proyek ataupun masalah), 3. kecerdasan visual- spasial (seperti gambar dan diagram), 4. kecerdasan kinestetik(permainan dan olahraga), 5. kecerdasan interpersonal (melakukan kerjasama ataupun diskusi, 6.  kecerdasan interpersonal dengan cara pembelajaran berbasis refleksi dan evaluasi diri). Kegiatan Pengawasan di mencakup pemahaman siswa, kemajuan penerapan multiple intelligence, dan permasalahan selama semester. Manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligence dalam meningkatkan kecerdasan siswa di SD Labschool FKIP UNEJ mengalami peningkatan dikarenakan adanya analisis kebutuhan berupa kegiatan test kesiapan belajar yang  hasilnya digunakan untuk merancang strategi pembelajaran  sesuai dengan kebutuhan siswa dan pengelompokan pada siswa sesuai gaya belajar, selain itu adanya umpan balik bagi siswa sehingga mampu mengembangkan  potensi secara holistik

 

Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Multiple Intelligence, Kecerdasan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 24