EVALUASI PROGRAM IPB FINANCE CLUB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN DAN INVESTASI MAHASISWA DEPARTEMEN MANAJEMEN IPB UNIVESITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Context, Input, Process, serta Product Program IPB Finance Club dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi keuangan dan investasi Mahasiswa Departemen Manajemen IPB University. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) serta menggunakan teknik analisis model Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Departemen, dua orang Dosen Pembina, Ketua (CEO), Wakil Ketua (COO), serta tiga orang mahasiswa anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi context menunjukkan kesiapan dari segi lingkungan organisasi, analisis permasalahan, serta tujuan yang sejalan dengan permasalahan yang dihadapi. Evaluasi input menunjukkan peran dosen yang telah dirasa cukup membantu dalam hal membina, namun terkadang masih hanya sebagai bentuk legalitas saja, aspek sarana prasarana dari segi kualitas sudah baik meskipun dari segi kuantitas perlu diperhatikan agar sekiranya dapat mengakomodasi keseluruhan anggota. Evaluasi process menunjukkan bahwa secara keseluruhan program kerja yang ada telah terlaksana dengan baik dengan konsep yang telah dibentuk sejak Rapat General 1 dan 2. Evaluasi product menunjukkan bahwa telah berhasil menghasilkan produk – produk yang menunjang kemampuan literasi keuangan dan investasi anggota, selain itu telah berhasil memberikan manfaat yang signifikan terhadap kemampuan literasi keuangan dan investasi para anggota.
Kata Kunci : evaluasi program, literasi keuangan, literasi investasi, finance club
Downloads

