EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
(Studi Kasus Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Observasi Kelas Guna Mewujudkan Pembelajaran Optimal Di SMP Negeri 1 Yogyakarta)
Abstract
Supervisi akademik merupakan kegiatan yang membantu dalam tugas guru untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran sehingga tercapainya suatu tujuan dalam pendidikan. Pelaksanaan supervisi dilakukan oleh kepala sekolah yang disebut sebagai supervisor. Tahun 2024 menjadi masa transformasi supervisi Pendidikan yang kini diatur dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui fitur pengelolaan kinerja guru. Keberadaan Platform Merdeka Mengajar membantu kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan supervisi dengan melalui satu sub-indikator kinerja yang dipilih dalam siklus peningkatan kinerja. Sub-indikator ini menjadi acuan bagi kepala sekolah dalam melakukan pemantauan dan pembinaan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi supervisi melalui Platform Merdeka Mengajar berlangsung dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Perencanaan mencakup pembentukan tim supervisi, penyusunan jadwal, serta sosialisasi. Pelaksanaan supervisi dilakukan melalui observasi kelas dengan mengacu pada sub-indikator yang dipilih guru. Tindak lanjut supervisi dilakukan melalui platform untuk mendukung peningkatan kinerja guru dalam aspek pedagogik dan pengelolaan kelas. (2) Pelaksanaan supervisi mengalami hambatan, terutama waktu yang saling bertabrakan akibat tugas tambahan guru serta kesiapan yang kurang dalam menghadapi supervisi. Faktor pendukung dalam supervisi meliputi budaya sekolah yang positif, hubungan baik antarrekan sejawat, peran kepala sekolah dalam pembinaan, jadwal supervisi yang terstruktur, fasilitas yang memadai, serta kemudahan akses melalui Platform Merdeka Mengajar. (3) Platform Merdeka Mengajar berperan dalam memfasilitasi supervisi dengan integrasi dalam BKP, menggantikan penyusunan SKP secara manual, serta memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan refleksi diri secara lebih sistematis. Dengan implementasi yang baik, program supervisi dapat meningkatkan kinerja guru dan kualitas pembelajaran, termasuk perbaikan metode serta strategi pengajaran. (4) Supervisi dilaksanakan secara efektif untuk membantu guru mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Pengukuran dilakukan dua kali, dengan hasil pada pengukuran pertama menunjukkan capaian optimal sesuai ekspektasi dan hasil serupa diperoleh pada pengukuran kedua. Hal ini mengindikasikan bahwa performa kinerja guru tetap stabil tanpa penurunan. Efektivitas supervisi berkontribusi terhadap peningkatan kinerja guru dan kualitas pembelajaran, termasuk dalam perbaikan metode dan strategi pengajaran.
Downloads
Abstract views: 92
,
PDF Downloads: 73


.png)
1.png)





