PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA SEKOLAH DI SDN SE-KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Putri Regina Herawati Universitas Negeri Surabaya
  • Windasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan instruksional kepala
sekolah serta budaya organisasi berkontribusi terhadap kinerja SDN di wilayah Kecamatan
Tamalanrea, Kota Makassar. Metode kuantitatif dipilih bersampel 201 orang guru di SDN seKecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Grand theory memanfaatkan teori kepemimpinan
instruksional oleh Hallinger dan Murphy, teori budaya organisasi dari Robbins dan Judge, dan teori
kinerja oleh Robbins dan Judge. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuisioner dengan
skala likert 1-4. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan statistik parametrik memanfaatkan
pendekatan regresi linier sederhana maupun berganda. Hasil menunjukkan ada pengaruh
kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja sekolah di SDN se-Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar; budaya organisasi memengaruhi kinerja sekolah di SDN se-Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar; ada pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan budaya
organisasi terhadap kinerja sekolah di SDN se-Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Hasil tersebut,
menunjukkan optimalisasi implementasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kuatnya
budaya organisasi di sekolah, maka semakin baik pula kualitas kinerja sekolah di SDN se-Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar.
Kata kunci : kepemimpinan instruksional, budaya organisasi, dan kinerja sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 78