MANAJEMEN PROGRAM THE TWINS SCHOOL CLASS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KOGNITIF DAN MUTUAL UNDERSTANDING BUDAYA (STUDI KASUS SMAN 2 MATARAM)

Authors

  • Bayu Caesar Dian Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Wulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Twins School Class merupakan program bentuk kerja sama pendidikan antar sekolah yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa sekaligus memperkuat pemahaman lintas budaya melalui interaksi langsung maupun virtual dengan mitra sekolah dari latar belakang budaya berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program mencakup perencanaan berbasis kolaborasi, pelaksanaan kegiatan berbasis proyek dan diskusi lintas budaya, serta evaluasi berkala yang melibatkan guru dan siswa. Program ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan literasi global siswa, serta mendorong sikap toleransi, empati, dan saling menghargai perbedaan budaya. Dengan demikian, The Twins School Class tidak hanya menjadi inovasi dalam pengembangan kognitif siswa, tetapi juga menjadi sarana strategis untuk menumbuhkan pemahaman budaya yang mendalam di lingkungan pendidikan menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 25