PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat pengaruh kepemimpinan instruksional dan iklim organisasi terhadap kinerja sekolah dasar negeri di Kota Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasi dengan sampel penelitian 99 kepala sekolah SD Negeri di Kota Surakarta. Pada variabel kepemimpinan instruksional, grand theory yang digunakan merupakan teori dari Hallinger. Sedangkan pada variabel iklim organisasi menggunakan teori dari Hoy & Miskel. Dan teori dari Marks & Printy yang digunakan untuk variabel kinerja sekolah. Google form digunakan untuk pengumpulan data responden penelitian dengan menggunakan skala likert 1-4. Dalam penelitian ini, teknik analisis data dilaksanakan dengan menggunakan statistik parametrik uji analisis regresi linear sederhana serta analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan instruksional terhadap kinerja sekolah SD Negeri di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Iklim organisasi juga berpengaruh terhadap kinerja sekolah SD Negeri di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Adapun kepemimpinan instruksional dan iklim organisasi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja sekolah SD Negeri di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semakin baik praktik kepemimpinan instruksional kepala sekolah serta semakin baik iklim organisasi di lingkungan sekolah akan semakin mendukung jalannya peningkatan kualitas kinerja sekolah.
Downloads
Abstract views: 43
,
PDF Downloads: 39


.png)
1.png)





