SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DI UPT SDN 249 GRESIK DAN UPT SDN 253 GRESIK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis supervisi akademik pengawas sekolah di dua situs yang berbeda yaitu di UPT SDN 249 Gresik dan UPT SDN 253 Gresik, dan mendeskripsikan bagaimana supervisi akademik tersebut dalam tiga tahapan yaitu perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan evaluasi supervisi akademik pada sekolah dasar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multisitus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan yang dilakukan oleh pengawas sekolah berjalan dalam beberapa tahap, yaitu pengawas menyusun kalender pengawasan, menyusun dokumen program pengawasan, penentuan jadwal supervisi ke masing-masing sekolah dengan koordinasi bersama kepala sekolah (2) Pengawas sekolah melaksanakan perannya sebagai pendamping di satuan Pendidikan. Dalam pelaksanaan supervisi akademik, pengawas sekolah menggunakan teknik supervisi akademik melalui kunjungan kelas dan rapat guru, dalam pelaksanaannya pengawas membawa instrumen sebagai alat bantu untuk mendapatkan hasil pengamatan. (3) Evaluasi supervisi akademik dengan melibatkan pengawas, kepala sekolah, dan guru melalui pertemuan untuk refleksi dan umpan balik hasil pengamatan pelaksanaan supervisi akademik, serta menentukan tindak lanjut berupa pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah binaan.
Kata kunci : Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah, Sekolah Dasar.
Downloads
Abstract views: 18
,
PDF Downloads: 30


.png)
1.png)





