Manajemen Kurikulum Double Track di SMA Pamardi Putra Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Double Track di SMA Pamardi Putra Surabaya, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Data didapatkan melalui data primer yang diperoleh secara langsung di lokasi dari narasumber-narasumber yang telah ditetapkan, serta dilengkapi dengan data sekunder seperti catatan lapangan dan dokumen-dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Double Track di SMA Pamardi Putra Surabaya dirancang sebagai respons terhadap potensi lingkungan dan regulasi pemerintah, dengan proses perencanaan, pengorganisasian, dan sosialisasi yang melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru perhotelan, serta pelaksanaan yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan di dalam dan diluar sekolah, sehingga berdampak positif pada peningkatan kreativitas, daya saing, dan peluang karir siswa dengan dukungan kerja sama industri dan wali murid. Begitu juga dengan psoses evaluasinya yang dilakukan untuk memastikan kualitas pengajaran dan keterampilan siswa sesuai kebutuhan dunia kerja.
Downloads

