PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PRODUKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS X, XI, DAN XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENDINGINAN DAN TATA UDARA (TPTU) DI SMKN 3 TUBAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru produktif dan motivasi belajar terhadap capaian pembelajaran siswa kelas X, XI, dan XII Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di SMKN 3 Tuban. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sampel sebanyak 105 siswa melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket skala Likert 1–4 dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru produktif tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran siswa, (2) motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran, dan (3) secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi terhadap capaian pembelajaran siswa. (4) Temuan ini menegaskan pentingnya motivasi belajar sebagai faktor dominan dalam meningkatkan capaian pembelajaran di SMK.
Downloads

