PENGARUH PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI KECAMATAN BOJONEGORO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penguasaan teknologi informasi terhadap kualitas pembelajaran pada kurikulum merdeka; (2) Menganalisis pengaruh motivasi pengembangan profesional guru terhadap kualitas pembelajaran pada kurikulum merdeka ; dan (3) Menganalisis pengaruh penguasaan teknologi informasi dan motivasi pengembangan profesional guru secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMPN Kecamatan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan perlakuan melalui penyebaran instrumen untuk memperoleh data. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan, variabel penguasaan teknologi informasi terdapat pengaruh terhadap kualitas pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kemudian untuk variabel Motivasi Pengembangan Profesional Guru juga terdapat pengaruh terhadap kualitas pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Sementara itu untuk uji simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara Penguasaan Teknologi Informasi dan Motivasi Pengembangan Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMPN Kecamatan Bojonegoro.
Downloads

