STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM CAMBRIDGE (STUDI KASUS UNTUK MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERDAYA SAING INTERNASIONAL DI SMP ISLAM AL AZHAR 13 SURABAYA)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Cambridge di SMPI Al-Azhar 13; 2) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah mengelola tenaga pendidik pada implementasi kurikulum Cambridge di SMPI Al-Azhar 13; 3) Bagaimana proses pembelajaran yang meliputi bentuk RPP, metode dan media pembelajaran pada implementasi kurikulum Cambridge di SMPI Al-Azhar 13 Surabaya; 4) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat pada implementasi kurikulum Cambridge di SMPI Al-Azhar 13 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa Miles, Hubermen, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan (1) Implementasi kurikulum Cambridge di SMPI Al-Azhar 13 yaitu diawali dengan perencanaan, pembagian kelas, pelatihan tenaga pendidik, persiapan dokumen kurikulum, evaluasi berupa penilaian tugas, UH, STS, SAS, dan check point; (2) pengelolaan tenaga pendidik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan; (3) proses pembelajaran yakni persiapan perangkat pembelajaran (RPP), metode, dan media pembelajaran 3) faktor pendukung dan penghambat yang terdiri dari program sekolah, sarana prasarana, dan sumber daya manusia. Adanya implementasi kurikulum Cambridge yang efektif dapat meningkatkan prestasi peserta didikĀ baik akademik dan non akademik
Downloads

