MANAJEMEN PELATIHAN UNTUK MEWUJUDKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SECARA ADAPTIF PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lutfi Lailia Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Satu Manajemen pelatihan merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pelatihan secara sistematis untuk mencapai tujuan peningkatan kompetensi. Penelitian ini secara khusus membahas manajemen pelatihan untuk mewujudkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara adaptif pada jenjang sekolah dasar yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah. Fokus penelitian meliputi asesmen kebutuhan pelatihan, perancangan program, penyelenggaraan pelatihan, serta evaluasi kegiatan. Metode asesmen dilakukan melalui sistem ARKB dan refleksi PMM untuk memetakan kebutuhan belajar guru, yang kemudian dijadikan dasar dalam penyusunan materi dan metode pelatihan berbasis model In On In (In Service Training 1, On the Job Training, In Service Training 2). Program pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru agar mampu mengintegrasikan TIK secara efektif dan kontekstual dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam penggunaan TIK secara adaptif. Namun demikian, masih terdapat tantangan dalam hal tindak lanjut dan sistem pemantauan pasca pelatihan yang perlu dibenahi untuk menjamin keberlanjutan hasil pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 9