MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN KONSELING DI SMA KORNITA INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan layanan khusus BK mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi di SMA Kornita IPB, menggunakan teknik analisis model Miles, Huberman dan Saldana dengan teori George R. Terry. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan hasil studi dokumentasi dengan informan Kepala Sekolah, Guru BK, Wali Kelas serta Peserta Didik Kelas XII, XI dan X. Perencanaan menunjukkan adanya rapat rencana program. Pengorganisasian menunjukkan pembagian tugas yang jelas antar pihak karena adanya keterbatasan yaitu hanya ada satu Guru BK di sekolah. Adanya penyusunan jadwal layanan BK dan memastikan pernyataan DCM tidak diubah. Tahap pelaksanaan Guru BK melakukan asesmen melalui Aplikasi DCM berbasis excel untuk mengidentifikasi masalah siswa pada bidang sosial, pribadi, karir dan belajar. Pengawasan dan evaluasi menunjukkan layanan BK terus berlanjut, Guru BK membutuhkan RPL dan Peserta Didik Kelas XII, XI dan X berharap adanya kolom keterangan untuk menjelaskan hasil dari jawaban yang sudah dipilih melalui DCM. Hasil dari penelitian tersebut adalah terselenggaranya layanan BK yang sistematis dan berkelanjutan.
Downloads

