PENGELOLAAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI KONSEP EXCELLENCE IN DIFFERENCE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SD LABSCHOOL FKIP UNIVERSITAS JEMBER

Authors

  • Shindy Ainun Nabilla Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengelolaan Kurikulum Merdeka menuntut fleksibilitas dan inovasi dalam menjawab keberagaman kebutuhan peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana konsep Excellence in Difference diterapkan dalam pengelolaan Kurikulum Merdeka di SD Labschool FKIP Universitas Jember guna meningkatkan kompetensi siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis manajerial berbasis POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan, sekolah merancang kurikulum secara fleksibel dan kolaboratif dengan mengintegrasikan unsur seni, sains, serta memperhatikan kesiapan dan minat siswa. Pada tahap pengorganisasian, dilakukan pembagian peran guru secara kolaboratif berdasarkan latar belakang keilmuan dan pemanfaatan teknologi digital. Tahap pelaksanaan menekankan pada personalisasi pembelajaran sesuai gaya belajar siswa, strategi guru yang variatif, pelatihan berkelanjutan, dan komunikasi dengan orang tua. Sementara itu, pengawasan dilakukan melalui evaluasi kinerja guru, monitoring capaian siswa dengan rapor deskriptif, serta pembinaan dari pihak internal dan eksternal. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Excellence in Difference memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka melalui pendekatan yang adaptif, inklusif, dan berorientasi pada potensi unik setiap siswa. Kesimpulannya, konsep ini dapat menjadi alternatif strategi pengelolaan kurikulum di sekolah dasar untuk meningkatkan daya saing dan kualitas pembelajaran secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 5