PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDAMPING SATUAN PENDIDIKAN DI WILAYAH SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pelatihan berbasisi digital untuk meningkatkan kompetensi profesional pendamping satuan pendidikan di wilayah Semarang. Modul pelatihan berbasis digital ini merupakan upaya strategis dalam meningkatkan kompetensi profesional pendamping satuan pendidikan yang sesuai dengan Perdikjen No.7328 Tahun 2023. Namun, pendamping satuan pendidikan di wilayah Semarang belum terdapat modul pelatihan yang spesifik menjelaskan kompetensi profesional yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pembinaan sebagai supervisor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D model ADDIE dengan lima tahapan yaitu, (1) analisis kebutuhan; (2) desain; (3) development; (4) implementasi; (5) dan evaluasi. Pada penelitian ini menghasilkan produk yang digunakan oleh pendamping satuan pendidikan dalam meningkatkan kompetensi profesional dalam melaksanakan pembinaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat validasi ahli materi sebesar 63% dan hasil validasi ahli media 95% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan. Sedangkan uji coba pengguna skala kecil sebesar 91% dengan kategori sangat baik untuk digunakan sebagai pedoman dalam meningkatkan kompetensi profesional pendamping satuan pendidikan.
Downloads

