IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD KREATIF INSAN RABBANI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru. Supervisi klinis dipandang sebagai salah satu pendekatan strategis yang berfokus pada pembinaan profesional guru melalui interaksi yang bersifat reflektif dan kolaboratif antara kepala sekolah dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara telah dilakukan dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan (pertemuan pendahuluan), pelaksanaan (observasi pelaksanaan pembelajaran), dan evaluasi (pertemuan tindak lanjut). Implementasi supervisi klinis yang terstruktur dan berkesinambungan terbukti mampu meningkatkan kinerja guru, baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Selain itu, supervisi klinis juga mendorong guru untuk lebih terbuka terhadap umpan balik dan melakukan refleksi terhadap praktik mengajarnya. Dengan demikian, supervisi klinis menjadi salah satu upaya efektif dalam pengembangan profesionalisme guru di sekolah.
Downloads

