TRANSFORMASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA TENAGA ADMINISTRASI SMK MELALUI PENGEMBANGAN E-MODUL DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Shafira Retmana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara regulasi dan implementasi kompetensi manajerial Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (KTAS) di SMK Kota Yogyakarta, di mana banyak KTAS belum memiliki kompetensi manajerial yang memadai akibat minimnya pelatihan yang relevan. Padahal, KTAS memiliki peran strategis dalam mendukung tata kelola pendidikan yang efektif, terutama di SMK yang memiliki tantangan kompleks seperti kerja sama dengan industri (DUDIKA) dan pengelolaan berbasis BLUD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul pelatihan berbasis indikator kompetensi manajerial sesuai Permendiknas No. 24 Tahun 2008; dan (2) menguji kelayakan e-modul sebagai media pembelajaran mandiri bagi KTAS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul mendapat penilaian sangat layak dari ahli materi (90%), ahli media (90,58%), dan pengguna (88%). E-modul mencakup empat kegiatan belajar yang disajikan secara interaktif dan kontekstual, dilengkapi video penjelasan, slide materi, studi kasus, dan refleksi. Penggunaan e-modul ini diharapkan mampu menjadi solusi pembelajaran yang fleksibel, adaptif, serta menjawab kebutuhan penguatan kompetensi manajerial KTAS secara praktis dan efektif, sehingga mendukung transformasi pendidikan berkualitas yang sejalan dengan tujuan SDGs 2030.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 4