PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL KEPALA SEKOLAH BERBASIS E-MODUL DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Sebagai pemimpin sekolah, kepala sekolah harus mampu mengelola sekolah secara efektif, memimpin pembelajaran secara visioner, dan menjamin mutu pendidikan secara berkelanjutan. Kompetensi bukan hanya sekedar syarat untuk menjadi kepala sekolah melainkan pondasi utama yang bermakna dan berdampak. Namun, di Kota Yogyakarta pelatihan kompetensi yang tersedia hanya pelatihan tatap muka yang membutuhkan waktu 1-2 minggu, sedangkan kepala sekolah di Kota Yogyakarta mengeluhkan waktu yang banyak terbuang hanya untuk pelatihan sedangkan kewajiban di sekolah tertinggal. Di samping itu di Kota Yogyakarta kepala sekolah belum banyak mendapatkan pelatihan yang fleksibel dan mandiri. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan e-modul kompetensi profesional kepala sekolah yang interaktif dan mandiri untuk memfasilitasi kepala sekolah yang ingin meningkatkan kompetensinya yang nantinya akan dinilai pada kegiatan evaluasi kinerja kepala sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dikemukakan oleh Branch (2009) dengan melewati lima tahapan pengembangan yakni analisis, desain, development, implemntasi, dan evaluasi. Hasil dari pengembangan e-modul ini menunjukkan bahwa validasi ahli materi sebesar 85,09% dan hasil validasi ahli media sebesar 97,91%. Kedua hasil tersebut menunjukkan kriteria sangat valid dan layak untuk diuji cobakan dalam kelompok kecil. Adapun hasil dari uji coba pengguna kelompok kecil sebesr 85% yang termasuk kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan untuk mendukung peningkatan kompetensi profesional kepala sekolah di Kota Yogyakarta.
Kata Kunci:
Kompetensi Profesional;
Model ADDIE;
E-Modul Kepala Sekolah
Downloads
Abstract views: 40
,
PDF Downloads: 28


.png)
1.png)





