PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 40 SEMARANG

Authors

  • Syifa Firstriani Yunanto Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk terus berinovasi. Salah satunya adalah penerapan Kurikulum Merdeka yang memberikan kebebasan belajar dan mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam mengelola Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 40 Semarang. Penelitian ini juga menggali strategi yang digunakan, kendala yang dihadapi, serta dampak implementasi kurikulum terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan aktif dalam merancang, menjalankan, dan mengevaluasi kurikulum dengan melibatkan guru dan berbagai pihak. Tantangan utama meliputi kesenjangan penguasaan teknologi antar guru dan kejenuhan siswa terhadap metode belajar tertentu. Meskipun belum terlihat perubahan signifikan dalam prestasi akademik, implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif pada karakter, kreativitas, serta kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kesimpulannya, peran kepala sekolah sangat penting dalam keberhasilan Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 6