MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DIGITAL LIBRARY DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS INFORMASI DI SMA 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Manajemen Penyelenggaraan Digital Library Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Informasi di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi waka kurikulum, kepala perpustakaan, staff perpustakaan, guru, siswa dan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen digital library di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya telah mencakup empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam tahap perencanaan, sekolah menyusun strategi pengembangan perpustakaan digital dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan teknologi. Pengorganisasian dilakukan melalui pembentukan tim peng
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Manajemen Penyelenggaraan Digital Library Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Informasi di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi waka kurikulum, kepala perpustakaan, staff perpustakaan, guru, siswa dan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen digital library di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya telah mencakup empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam tahap perencanaan, sekolah menyusun strategi pengembangan perpustakaan digital dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan teknologi. Pengorganisasian dilakukan melalui pembentukan tim pengelola yang bertugas dalam pengelolaan koleksi digital, layanan pengguna, serta pengembangan sistem. Pelaksanaan dilakukan dengan menyediakan platform perpustakaan digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh warga sekolah, serta menyelenggarakan pelatihan penggunaan digital library. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi berkala terhadap efektivitas layanan dan tingkat pemanfaatan oleh pengguna.
Kata kunci: manajemen, perpustakaan digital, aksesibilitas informasi.
elola yang bertugas dalam pengelolaan koleksi digital, layanan pengguna, serta pengembangan sistem. Pelaksanaan dilakukan dengan menyediakan platform perpustakaan digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh warga sekolah, serta menyelenggarakan pelatihan penggunaan digital library. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi berkala terhadap efektivitas layanan dan tingkat pemanfaatan oleh pengguna.
Kata kunci: manajemen, perpustakaan digital, aksesibilitas informasi.
Downloads

