ANALISIS KONTRIBUSI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI ERA MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI UPT SD NEGERI KINGKING 2 TUBAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Era Merdeka Belajar. Studi kasus dilakukan di UPT SD Negeri Kingking 2 Tuban, sebuah sekolah dasar dengan keterbatasan infrastruktur, namun mampu mengelola fasilitas pendidikan secara inovatif dan efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi dan member check untuk uji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di sekolah tersebut dilakukan secara kolaboratif dengan memaksimalkan ruang dan potensi lokal. Pengelolaan mencakup perencanaan, pemeliharaan, dan pemanfaatan yang terintegrasi dengan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Meskipun keterbatasan fisik ada, siswa tetap menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. Studi ini menyimpulkan bahwa pengelolaan fasilitas yang kreatif dan kontekstual dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan.
Downloads

