PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar negeri (SDN) di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan sampel guru 323 guru sekolah dasar negeri di Kota Surakarta. Grand Theory yang digunakan peneliti yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah dari teori Robbins and Judge, kecerdasan emosional dari teori Goleman dan kepuasan kerja teori dari Luthans. Pengumpulan data ini menggunakan kuisioner dengan skala likert 1-4. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik dengan analisis regresi liniear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulan bahwa (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru SDN di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05; (2) kecerdasan emosional guru berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru SDN di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05; (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara bersama – sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru SDN di Kota Surakarta dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan semakin kuat kecerdasan emosional guru maka semakin baik pula kepuasan kerja guru SDN di Kota Surakarta.
Downloads

