PENGARUH KOMPETENSI DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kesejahteraan terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kota Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel 82 guru. Teori yang digunakan meliputi teori kompetensi dari Spencer kesejahtera kesejahteraan dari Collie dan kinerja guru dari kas Castetter. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert 1- 4. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,00 lebih besar dari 0,05. Kesejahteraan juga memiliki pengaruh signifikan dengan nilai yang sama. Secara simultan kompetensi dan kesejahteraan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SD Negeri Kota Surabaya hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru dapat mendorong kinerja yang lebih optimal.
Downloads

