IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPIT AT-TAQWA SURABAYA

Authors

  • Jihan Tsaabitah Farhah Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka di SMPIT At-Taqwa Surabaya ditinjau dari aspek komunikasi, sikap pelaksana, dan sumber daya sekolah. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pemahaman dan penerapan kebijakan kurikulum secara efektif untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pelaksana dilakukan intensif melalui koordinasi internal dan pelatihan. Guru dan tenaga kependidikan menunjukkan sikap positif dan mampu beradaptasi dengan pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada siswa. Sumber daya sekolah dinilai cukup memadai, meskipun masih ada tantangan dalam memahami dan menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka berjalan sistematis dan adaptif, menggabungkan kurikulum nasional dan khas sekolah. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan dan praktik kurikulum di sekolah.

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Kurikulum Merdeka, Komunikasi, Sikap Pelaksana, Sumber Daya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 54