PENGARUH KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TIK DAN PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN SISWA SMAN 21 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pelayanan akademik, dan kepuasan siswa di SMAN 21 Makassar, serta untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dan pelayanan akademik terhadap kepuasan siswa SMAN 21 Makassar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan uji analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Sampel sebanyak 303 siswa SMAN 21 Makassar. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK memiliki rata-rata 33,57, tingkat pelayanan akademik memiliki rata-rata 43,36, dan tingkat kepuasan siswa memiliki rata-rata 33,34. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan variabel kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan siswa SMAN 21 Makassar dengan besaran nilai T hitung > T tabel sebesar 2,387 > 1,650. Kemudian variabel pelayanan akademik berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa SMAN 21 Makassar dengan besaran nilai T hitung > T tabel sebesar 3,072 > 1,650. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan variabel kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dan pelayanan akademik memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan siswa SMAN 21 Makassar dengan besaran F hitung > F tabel sebesar 6,876 > 3,03.
Downloads

