STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN SMART SCHOOL UNTUK MEMBANGUN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP LABSCHOOL UNESA 3

Authors

  • Eka Wulansari Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan teknologi digital di dunia pendidikan menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan mutu pembelajaran, terutama dalam menghadapi tantangan global dan hasil asesmen internasional yang belum memuaskan seperti PISA. Smart School sebagai inovasi berbasis teknologi menghadirkan sistem pendidikan terintegrasi yang mendukung efektivitas pembelajaran serta efisiensi manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam menerapkan Smart School guna membangun mutu pembelajaran di SMP Labschool Unesa 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan tiga strategi utama: (1) penyediaan sarana prasarana digital seperti komputer, Wi-Fi, dan website sekolah; (2) pengembangan keterampilan guru melalui pelatihan dan seminar digitalisasi; dan (3) penerapan teknik pembelajaran inovatif berupa fun learning dengan pemanfaatan media digital interaktif. Strategi tersebut terbukti meningkatkan mutu pembelajaran, ditunjukkan melalui tertibnya administrasi pembelajaran, peningkatan capaian literasi dan numerasi siswa dalam Rapor Pendidikan 2024, serta terbentuknya budaya belajar digital. Temuan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang strategis dan adaptif berperan penting dalam keberhasilan penerapan Smart School, sekaligus mendorong terciptanya lingkungan belajar yang modern dan partisipatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-07

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 82