EVALUASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6 DAN PROGRAM SURABAYA MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SDN TEMBOK DUKUH IV/86 SURABAYA

Authors

  • Shinta Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dan Program Surabaya Mengajar Angkatan 4 di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek context, tujuan dan relevansi kedua program telah dipahami oleh semua yang terlibat dalam kedua program ini karena telah dilakukan sosisalisasi sebelum pelaksanaan program. Pada aspek input, program kerja yang dirancang oleh peserta dinilai sesuai dengan kebutuhan sekolah, yang didukung oleh adanya pembekalan dan observasi awal. Pada aspek process, pelaksanaan program telah mengikuti panduan resmi, akan tetapi terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya komunikasi antar tim yang berhasil diatasi dengan baik. Pada aspek product, capaian program dinilai berhasil dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa, meskipun masih terdapat kekurangan yang perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, kedua program dinilai telah berjalan secara efektif dan memberikan kontribusi positif terhadap sekolah sasaran. Namun, peningkatan kualitas program dan dukungan fasilitas masih diperlukan untuk hasil yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 69